Akibat Keretakan Bangunan

Akibat Keretakan Bangunan – Bangunan merupakan tempat yang digunakan untuk berbagai fungsi entah itu rumah, gedung, kantor, dll. Meskipun terlihat kokoh bukan tidak mungkin sebuah bangunan dapat mengalami keretakan karena kesalahan dalam pemilihan material maupun perhitungan.

Meskipun sudah menggunakan material terbaik dan perhitungan yang tepat namun pergeseran lempeng bumi di bawahnya juga dapat menyebabkan retak pada bangunan. Inilah yang dapat menyebabkan retakan struktur atau retakan – retakan yang cukup lebar dan besar pada bangunan.

Retakan yang  biasa ditemui pada bangunan biasanya retakan yang tidak terlalu besar namun bercabang. Hal ini disebabkan karena pengerjaan yang kurang rapi dan biasanya kekuatan beton bangunan yang belum atau tidak diuji lebih dulu.

Pengerjaan acian yang tidak sempurna adalah penyebab dari hal tersebut. Pengacian yang dilakukan saat dinding belum kering akan menyebabkan acian tidak merekat sempurna pada dinding.

Anda dapat menggunakan sedikit air untuk membasahi dinding. Hal ini bertujuan agar aci mengikat dengan sempurna, selain hal tersebut cat yang memiliki kualitas elastisitas buruk juga dapat mempengaruhinya.

Selain itu tidak adanya pengujian kekuatan beton bangunan juga dapat menyebabkan retak pada bangunan. Pengujian kekuatan beton menggunakan hardness tester untuk menguji kekerasan beton dapat memberikan indikasi awal bila beton bangunan kurang kuat.

Dengan retaknya beton bangunan tentu akan memberikan beberapa kerugian bagi pemakai bangunan tersebut, berikut adalah beberapa kerugian akibat keretakan bangunan :

  1. Air hujan yang merembes

Dengan adanya retakan tentu akan menimbulkan celah, walaupun cukup kecil namun celah tersebut dapat dilalui air yang memiliki molekul lebih kecil. Air yang merembes diantara dinding bangunan dapat menyebabkan jamur pada dinding bangunan, selain itu juga akan menyebabkan dinding menjadi lembab.

  1. Sarang serangga

Dengan adanya retak pada dinding maupun lantai juga dapat menyebabkan binatang seperti semut dan serangga masuk ke dalamnya. Bila hal ini dibiarkan maka lama kelamaan semut dan serangga tersebut akan bersarang di retakan tersebut.

  1. Celah masuknya nyamuk

Sama seperti semut dan serangga tadi, nyamuk juga dapat masuk melalui celah celah pada retakan bila retakan tersebut cukup besar.

  1. Bangunan runtuh

Dalam hal yang lebih lanjut, keretakan dapat menyebabkan bangunan runtuh karena bangunan tidak kuat menopang genteng. Hal ini menyebabkan genteng akan merosot dan dapat berjatuhan. Pondasi yang tidak kuat juga akan menjadikan bangunan mudah runtuh karena sedikit pergeseran saja pada lempeng bumi.

  1. Penghuni tertimpa bangunan runtuh

Tentu dengan runtuhnya bangunan yang dapat terjadi sewaktu – waktu akan membahayakan bagi pengguna bangunan. Penghuni bangunan dapat tertimpa runtuhan bangunan.