Alat Deteksi Medan Magnet Portable EM-191

Alat Deteksi Medan Magnet Portable EM-191

Gauss Meter adalah suatu alat untuk mengukur rapat fluk magnet (B). Fluks magnetik merupakan pengukuran kuantitas magnet, deskripsi tentang bagaimana bahan-bahan tertentu berhubungan dengan medan magnet. Secara khusus, itu menggambarkan kekuatan dan tingkat interaksi obyek dengan lapangan. Pengukuran ini mengkategorikan fase magnetik dari objek. Fluks magnetik diukur dalam satuan dikenal sebagai weber, dengan pertimbangan bahwa setiap weber per meter persegi disebut sebagai tesla. Hukum Gauss untuk magnetisme menyatakan bahwa fluks magnetik melalui permukaan tanpa batas, permukaan tertutup, harus sama dengan nol.

Gaussmeter adalah suatu alat untuk mengukur rapat fluk magnet (B)
Gaussmeter adalah suatu alat untuk mengukur rapat fluk magnet (B)

Medan listrik dan medan magnet sudah ada sejak bumi kita ini terbentuk. Awan yang mengandung potensial air, terdapat medan listrik yang besarnya antara 3000 – 30.000 V/m. Demikian juga bumi secara alamiah bermedan listrik (100 – 500 V/m) dan bermedan magnet (0,004 – 0,007 mT). Di dalam rumah, di tempat kerja, di kantor atau di bengkel terdapat medan listrik dan medan magnet buatan. Medan listrik dan medan magnet ini biasanya berasal dari instalasi dan peralatan listrik antara lain berasal dari :  sistem instalasi dalam rumah,  lemari pendingin, AC, kipas angin, pompa air, televisi, mesin tik elektronik, mesin photocopy, komputer danprinter, mesin las, kompresor,  saluran udara tegangan rendah/menengah (SUTR/M) yang berdekatan, dan lain-lain. Pada sistem instalasi yang bertegangan dan berarus selalu timbul medan listrik. Tetapi medan listrik ini sudah melemah karena jaraknya cukup jauh dari sumber. untuk mengetahui adanya medan magnet disekitar kita diperlukan alat pengukur medan magnet portable yaitu gauss meters, Anda tepat apabila menggunakan Gauss Meter type EM-191.

EM-191

Fitur Magnetic Field Meter EM-191 :

  1. Sebuah gelombang elektromagnetik hanya berarti gerakan gelombang medan elektromagnetik (EMF).
  2. Pengukuran ini diterapkan untuk mengukur medan elektromagnetik frekuensi sangat rendah (ELF) dari 30Hz ke 300Hz.
  3. Hal ini mampu mengukur intensitas radiasi medan elektromagnetik yang dihasilkan dari peralatan listrik transmisi, saluran listrik, oven listrik, AC, kulkas, monitor komputer, perangkat video / audio dan sebagainya.
  4. Unit satuan medan magnet adalah Tesla (T), Gauss (G), micro-Tesla (uT) atau mili-Gauss (mg).
  5. Data terus, terus Maksimum, Overload indikasi, indikasi baterai rendah.

Spesifikasi Alat Deteksi Medan Magnet Portable EM-191 :

  • Rentang: 200 ~ 2000mg; 20 ~ 200μT
  • Akurasi: ± 2,5% pada 50Hz/60Hz
  • Resolusi: 0.1/1mG, 0.01/0.1μT
  • Frekuensi respon: 30 ~ 300Hz
  • Sensor: Tunggal Axis
  • Power DC: 9V baterai
  • Dimensi: 130 x 56 x 38 mm
  • Berat: 180g

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here