Aplikasi Logam Titanium

Aplikasi Logam Titanium – Titanium merupakan logam yang sangat kuat dan tahan terhadap korosi yang mempunyai sifat inert. Titanium mempunyai simbol Ti dalam tabel periodik unsur dengan nomor atom 22. Jumlah unsur titanium merupakan unsur terbanyak ke 9  di kerak bumi.

Aplikasi Logam Titanium

Sejumlah kecil titanium terbentuk hampir di setiap batuan yang menjadi konstituen penting dalam sejumlah kecil mineral. Sekitar 90% titanium yang ada di kerak bumi terdapat di dalam mineral ilmenite yang merupakan titanium oksida besi dengan komposisi kimia FeTiO3. Sisanya titanium dapat terbentuk di dekat permukaan bumi pada mineral seperti anatase, brookite, Leucoxene, perovskit, rutil dan sphene.

Titanium sendiri menjadi logam yang paling keras di bumi karena titanium mempunyai tingkat kekerasan 9 skala mohs menggunakan alat hardness tester. Nilai tersebut hanya satu tingkat di bawah berlian yang sampai saat ini menjadi material paling keras di bumi.

Penggunaannya sudah sangat akrab dalam kehidupan manusia baik digunakan sebagai perhiasan, prosthetics, raket tenis, sarung tangan kiper, gunting, rangka sepeda hingga alat – alat bedah, ponsel dan produk lainnya. Alat – alat tersebut merupakan alat yang membutuhkan kekuatan bahan.

Titanium juga menjadi logam yang lebih kuat dibandingkan baja namun dengan berat yang hanya sekitar setengahnya. Untuk menghasilkan peforma tinggi maka biasanya titanium akan dipadukan dengan besi, aluminium, vanadium, nikel, molibdenum dan logam lainnya.

Suku cadang mesin jet, pesawat ruang angkasa, peralatan militer, pelindung tubuh dan produk teknologi tinggi merupakan beberapa contoh peralatan yang dibuat menggunakan perpaduan titanium.

Hingga saat ini industri kedirgantaraan menjadi pengguna terbesar dari paduan titanium untuk membuat badan utama pesawat dan di berbagai bagian mesin, roda pendaratan maupun tubing hidroliknya.

Logam titanium juga mempunyai daya tahan yang sangat baik dibandingkan jenis logam lainnya, karenanya  titanium juga banyak digunakan dalam baling – baling kapal dan pada pabrik desalinasi maupun pada reaktor pabrik kimia dan pipa.

Di dunia kesehatan sendiri lebih dari 1.000 ton paduan titanium digunakan untuk membuat implan dalam operasi, termasuk suku cadang untuk pinggul dan penggantian lutut yang merupakan sendi pinggul buatan.

Selain sendi pinggul buatan, penggunaan titanium juga digunakan dalam implan gigi sebagai akar untuk gigi pengganti dan juga banyak digunakan untuk kasus alat pacu jantung.