Bahaya Awan Cumolonimbus

Bahaya Awan Cumolonimbus – Awan Cumolonimbus atau awan Cumola Nimbus merupakan salah satu jenis angin yang ada di bumi dan dikenal sebagai musuh besar bagi pilot dan merupakan jenis angin yang berbahaya.

Awan ini dicap sebagai awan yang berbahaya bagi pilot karena awan Cumolonimbus memang memiliki banyak bahaya yang bisa mengancam penerbangan pesawat dalam jalur transportasi udaranya.

Jenis awan ini sulit dideteksi menggunakan alat pemantau cuaca / weather station yang ditempatkan di permukaan bumi, untuk mendeteksinya memerlukan bantuan dari satelit pemantau cuaca.

Awan Cumolonimbus termasuk jenis awan rendah yang memiliki bentuk yang besar dan biasanya awan ini ditandai dengan bentuk yang menyerupai bunga kol. Ciri awan ini terlihat tebal di bagian dalamnya dan juga bentuknya yang bergulung – gulung. Lantas kenapa awan ini dicap sebagai awan yang berbahaya, apa saja hal yang membahayakan dari kehadiran awan jenis ini. Berikut adalah beberapa bahaya awan cumolonimbus :

  1. Mengandung banyak aliran listrik

Pada dasarnya muatan listrik antara awan dan juga permukaan bumi adalah bertolak belakang, oleh sebab itulah kita sering melihat adanya peristiwa perpindahan muatan listrik dari awan menuju ke bumi yang kita sebut sebagai petir. Listrik alam ini sebenarnya ada banyak sekali namun tidak semua dapat sampai ke permukaan atau kerak bumi, nah salah satu jenis awan yang memiliki banyak muatan listrik alam adalah awan cumolonimbus yang terutama ada di bagian tengahnya. Petir alam yang ada di awan jenis ini akan dengan sangat mudah menyambar apapun yang ada dalam awan tersebut termasuk pesawat.

  1. Terdapat badai besar

Selain mempunyai kekuatan listrik yang besar, awan ini juga membawa kekuatan badai yang besar pula dan merupakan salah satu awan yang menyimpan badai di dalamnya. Badai tersebut tentu akan sangat menganggu pesawat dalam jalur penerbangannya yang dapat menyebabkan pesawat bisa mengalami turbulensi maupun gangguan listips. Bila sebuah pesawat tidak sengaja masuk dalam awan ini maka pesawat dapat naik dan turun lebih cepat dari biasanya.

  1. Terdapat kabut yang menutupi pandangan

Awan cumolonimbus juga dapat membawa kabut yang sangat membahayakan bagi para pilot dalam penerbangannya karena mengganggu pandangan yang datang bersama badai di dalamnya. Bahkan ada beberapa kasus yang menyebutkan setelah pesawat tidak sengaja memasuki awan cumolonimbus hilang dan tidak diketahui dalam waktu yang cukup lama.

  1. Terjadinya hujan es

Hal terakhir yang berbahaya dari awan jenis ini adalah kemungkinan terjadinya hujan es bersama dengan awan ini yang terjadi karena adanya pertemuan suhu yang perbedaannya cukup drastis. Tentu bila hujan es terjadi dan pesawat tidak sengaja memasukinya maka penerbangan pesawat akan terganggu.