Cara Merawat Ikan Arwana

Cara Merawat Ikan Arwana – Ikan arwana merupakan ikan hias yang memiliki harga yang fantastis, ikan ini dapat hidup dengan baik di akuarium asalkan akuarium tersebut menunjang bagi kehidupan ikan arwana.

Cara Merawat Ikan Arwana

Warnanya yang indah dan mitos yang berkembang bahwa ikan arwana dapat memberikan keberuntungan membuat ikan asal Kalimantan ini banyak diminati oleh kalangan penghobinya. Bagi Anda yang ingin memelihara ikan yang satu ini maka Anda harus memperhatikan hal sebagai berikut :

  • Akuarium serta perlengkapan yang mencukupinya

Ikan arwana yang dipelihara di dalam akuarium dapat hidup dengan baik bila ditunjang dengan peralatan yang memadai seperti :

  1. Aerator yang berfungsi untuk memberikan oksigen tambahan ke dalam air akuarium dan membuang sisa – sisa pernafasan dengan cara menguapkannya. Aerator yang baik adalah yang mampu memberikan udara ke dalam air relatif baik namun dengan daya listrik yang kecil
  2. Heater serta thermometer untuk memantau suhu air dalam akuarium sehingga bila terjadi penurunan suhu secara signifikan maka heater akan memanaskan suhu air agar kembali sesuai dengan kebutuhan ikan
  3. Filter yang bermanfaat untuk menyedot air di dalam akuarium kemudian menyaringnya dan memasukkannya kembalki ke dalam akuarium dalam keadaan bersih, hal ini sangat penting karena ikan arwana adalah ikan yang sensitif terhadap air yang kotor
  4. Lampu TL untuk mempercantik akuarium, namun lampu tl yang digunakan semisal untuk akuarium seluas 80 kali 40 cm membutuhkan lampu tl berdaya 20 watt agar lampu tl tidak menyebabkan panas yang berlebihan

Selain peralatan yang memadai perawatan akuarium juga wajib dilakukan untuk menjaga kondisi air akuarium agar tetap terjaga dengan baik untuk menunjang kehidupan ikan.

  • Pemberian makanan yang cocok untuk arwana

Makanan utama dari ikan arawana adalah kelabang, namun jangan terus – terusan memberikan makan kelabang pada ikan arwana. Sebaiknya divariasikan dengan udang, kecoa, katak, lipan, kadal ataupun jangkrik.

  • Pengontrolan serta penggantian air

Suhu dan pH air dalam akuarium arwana juga harus tetap dikontrol dan dijaga. Suhu air harus selalu diupayakan pada kisaran 25 – 27 derajat celcius dan bila suhu air turun drastis siapkan heater untuk memanaskan. Sedangkan untuk pH air harus dijaga antara 6 – 8,5 pH, oleh karena itu Anda perlu memakai pH meter untuk memantau pH air.

Selain itu Anda juga perlu mengganti air akuarium bila sudah mulai terlihat kotor atau keruh. Hal ini karena air yang difilter terus – menerus sekalipun juga masih dapat mengalami kotor atau keruh.

  • Penataan interior akuarium

Pada dasarnya lingkungan akuarium juga harus disesuaikan dengan habitat asli arwana. Hal ini selain akan mempercantik tampilan akuarium namun juga dapat membuat ikan hisup dengan tenang dan tidak mudah stress.

  • Tanaman air

Ikan arwana merupakan ikan yang aslinya senang bersembunyi di bawah tanaman air, oleh karena itu penambahan tanaman air juga dapat menunjang ikan dapat hidup dengan baik. Tanaman air seperti vallisneria spiralis, hidrilla verticillata, riccia fluiutana, higrophila polisperma merupakan jenis tanaman air yang cocok untuk akuarium ikan arwana.

  • Pasir batuan

Dasar akuarium juga sebaiknya diberi pasir untuk meletakkan batu – batuan dan karang – karangan di dalam akuarium. Sebaiknya gunakan pasir sungai yang masih bercampur dengan humus.