Cara Tes Susu Murni

Cara Tes Susu Murni – Susu merupakan salah satu sumber protein hewani yang memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita. Karena manfaatnya inilah susu termasuk dalam makanan 4 sehat 5 sempurna. Manfaat tersebut tentu bisa didapatkan dengan mengkonsumsi susu murni / asli karena susu yang sudah diolah biasanya nutrisinya sudah berkurang walau sedikit.

Lantas bagaimana cara kita mengetahui mana susu murni yang memang benar – benar murni dan mana yang sudah mengalami pengolahan lebih dahulu. Berikut adalah cara menguji susu murni :

Cara pertama yang dapat dilakukan :

  • Susu sapi yang sudah kita beli direbus terlebih dahulu
  • Jangan aduk lebih dulu susu yang direbus tadi, hal ini agar panas yang didapat tidak merata
  • Pastikan suhu perebusan susu tersebut panas
  • Setelah mulai panas barulah susu tersebut diaduk selama 10 menit

Setelah proses perebusan tersebut selesai kemudian susu dipindahkan ke dalam wadah khusus yang sudah disiapkan lebih dahulu. Selanjutnya diamkan susu lebih dahulu agar suhunya turun dan menghangat dengan sendirinya.

Setelah suhu susu tersebut menurun atau hangat maka Anda dapat mencoba meminum susu tersebut, bila terasa seperti ada gelembung udara yang membeku maka susu tersebut adalah susu sapi murni. Namun bila terasa biasa saja maka susu tersebut sudah tidak murni lagi, biasanya sudah diolah lebih dahulu.

Cara kedua :

  • Pertama – tama rebus susu sama seperti cara pertama, namun kali ini tambahkan madu ke dalam susu yang sedang direbus
  • Campuran madu dan susu ini dibiarkan dahulu selama beberapa saat
  • Setelah direbus dan dibiarkan selama beberapa menit barulah dapat kita amati campuran madu dan susu tersebut

Perhatikan campuran susu dan madu tersebut, perhatikan apakah keduanya memisah atau tidak? Apabila susu tadi memisah dengan madu dan kemudian membeku maka susu tersebut adalah susu sapi murni. Mungkin bentuk susu murni yang memisah dan membeku ini akan terlihat asing bagi kita, namun itu justru tanda susu yang kita beli adalah susu murni.

Cara ketiga :

Cara ketiga ini memang lebih praktis namun membutuhkan bantuan alat ukur, biasanya cara ini digunakan pada kalangan industri. Berikut adalah cara tes susu murni dengan bantuan alat ukur :

  • Disini Anda perlu menyiapkan lebih dahulu alat ukur Refraktometer Digital
  • Ambil sampel susu yang sudah kita beli kemudian masukkan ke dalam sensor alat ini
  • Setelah itu Anda dapat mengaktifkan alat ukur ini dan melihat hasilnya

Refraktometer ini akan mengukur kadar brix atau kandungan bahan terlarut dalam setiap 100 gr larutan, dalam hal ini adalah brix susu yang kita uji. Apabila kadar air susu yang kita beli sekitar 83,3% maka susu tersebut adalah susu sapi murni.