Dampak Negatif Cuaca Dingin Pada Tubuh

Dampak Negatif Cuaca Dingin Pada Tubuh – Cuaca dingin tentu akan memberikan dampak pada tubuh kita mulai dari aktivitas yang sedikit terhambat hingga penyakit yang rawan terjadi ketika suhu udara dingin. Bahkan beberapa waktu lalu salah satu kota besar di Indonesia yaitu Bandung suhu udaranya tercatat pernah mencapai 17 – 18 derajat Celcius pada termometer khusus pemantau suhu udara. Bahkan suhu dingin di kawasan dieng dapat menyebabkan terjadinya embun es yang mirip seperti salju.

Dampak Negatif Cuaca Dingin Pada Tubuh

Penurunan suhu udara yang tergolong cukup drastis ini dapat menyebabkan masalah kesehatan bila Anda tidak siap menghadapinya. Menurut medis, cuaca dingin yang terlalu ekstrim dapat menyebabkan dampak negatif pada tubuh seperti halnya :

  • Cuaca dingin yang cukup ekstrim dapat menyebabkan penyakit yang cukup parah muncul, penyakit seperti asma (sesak nafas), pilek alergi (rinitis alergi), serta alergi kulit karena udara dingin seperti bentol – bentol atau gatal dapat muncul karena cuaca dingin.
  • Cuaca dingin juga akan cukup berpengaruh terhadap kulit kita, masalah seperti kulit menjadi kering, kulit telapak kaki pecah – pecah, bibir pecah – pecah hingga mimisan dapat dialami ketika cuaca dingin.
  • Daya tahan tubuh juga akan terpengaruh karena cuaca dingin, banyak orang yang lebih rentan terkena penyakit seperti infeksi virus atau bakteri yang salah satunya infeksi saluran pernapasan atas (ISPA) saat suhu udara terlalu dingin.
  • Tekanan barometrik yang akan menurun ketika suhu udara turun yang juga akan menyebabkan perubahan atmosfir yang bisa begitu hebat ini dapat menyebabkan masalah sinus dan migrain.
  • Libido rendah Sinar matahari yang berkurang saat cuaca dingin akan mengurangi produksi serotonin pada tubuh, selain itu bila dikombinasikan dengan efek depresif dingin pada neurotransmiter, cenderung membuat libido kita rendah atau menjadi hibernasi.

Oleh karena itu untuk mengatasi hawa dingin saat cuaca sedang dingin maka Anda dapat mengatasinya dengan memakai pakaian yang kering dan tebal seperti halnya jaket, penutup kepala, kaos kaki, dll. Selain itu untuk mencegah telapak tangan dan kaki kita kekeringan maka kita dapat mengoleskan lotion, kita juga dapat menggunakan pelembab bibir dan lubang hidung untuk mencegah mimisan. Pastikan juga Anda mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang cukup.