Jenis Jamur Perusak kayu

Jenis Jamur Perusak kayu – Kayu merupakan bahan yang sering digunakan pada berbagai aspek kehidupan kita mulai dari konstruksi bangunan hingga mebel dan berbagai peralatan rumah tangga.

Jenis Jamur Perusak kayu

Perabotan yang terbuat dari kayu biasanya akan rentan terserang jamur yang menyebabkan pelapukan bila tidak diolah dengan benar. Jamur ini memang secara alami ada pada kayu, oleh karena itu kita harus menghilangkan faktor yang dapat menyebabkan jamur tersebut tumbuh.

Secara umum berikut adalah beberapa jenis jamur perusak kayu yang harus diwaspadai :
Jamur pelapuk cepat. Jamur pelapuk cepat terdiri dari dua jenis yaitu jamur pelapuk coklat dan jamur pelapuk putih :

a. jamur pelapuk coklat (brown root)

Jamur jenis ini akan menyerang sellulosa dan meninggalkan lignin pada kayu yang diserangnya. Kemudian udara akan mengoksidasi lignin dan merubahnya menjadi berwarna coklat. Kayu yang terserang jamur jenis ini akan menjadi lapuk, kaya akan lignin dan berwarna coklat. Beberapa jenis jamur yang termasuk dalam golongan ini adalah Poria monticola, L. trabea, Lentinus lepideus, P. valliantii, Coniophora arida, C. pertema, Lenzites sepiaria.

b. Jamur pelapuk putih (white rot)

Sama seperti jenis jamur lainnya, jamur ini juga akan melapukkan kayu dan membuatnya berwarna putih. Jamur jenis ini akan menyerang lignin pada awalnya barulah kemudian selulosa yang akan diserangnya dan yang termasuk jamur ini adalah Polyporus versicolor, Poria nigres-Cens dan Poniophora mollis.

  • Jamur pelapuk lambat

Jamur jenis ini saat menyerang kayu akan mempunyai karakter sebagai berikut yaitu membuat kayu lunak, serangannya lambat, menyerang dari luar sedikit demi sedikit pada kayu yang masih basah. Selain itu jenis kayu yang terbuka terhadap cuaca, pada rongga – rongga longitudinal, pada kayu jarum terutama pada kayu awal menjadi kayu yang sering terkena jamur jenis ini dan yang termasuk jamur jenis ini adalah Ceratogystis albida, Chaetomium globosum.

  • Jamur pelapuk kayu kering

Tidak hanya kayu basah, kayu kering juga dapat terkena jamur ini yang pada awalnya spora jamur jatuh di tempat yang lembab dekat sumber air. Kemudian spora akan tumbuh memanjang menjadi benang dan akhirnya menemukan kayu yang sudah kering. Benang ini kemudian akan tumbuh secara bercabang pada permukaan kayu dan kemudian mengangkut air dari sumber air terdekat untuk ditumpahkan pada kayu, hal ini menyebabkan permukaan kayu menjadi basah barulah benang – benang mulai melapukkan kayu. Jamur seperti Poria incrassata, Merulius lacrymans merupakan jenis jamur yang termasuk dalam jenis ini.

Setelah kita mengenal beberapa jenis jamur yang dapat merusak kayu, maka selanjutnya kita harus mengetahui penyebab jamur perusak kayu ini tumbuh. Beberapa penyebab jamur ini tumbuh adalah :

  • Temperatur

Jamur perusak kayu dapat berkembang pada interval suhu yang cukup tinggi, akan tetapi pada kondisi alami perkembangannya paling cepat terjadi selama periode yang lebih panas dan lebih lembab setiap tahunnya. Pada dasarnya jamur akan dapat berkembang dengan optimal pada suhu 22 – 25 derajat celcius.

  • Oksigen

Sama seperti makhluk hidup lainnya, jamur juga membutuhkan oksigen untuk proses respirasi untuk menghasilkan CO2 dan H2O. Anda dapat memvacum kayu lebih dahulu untuk memastikan benih – benih jamur mati agar nantinya tidak tumbuh dan merusak kayu.

  • Kelembaban

Sama seperti tumbuhan lainnya, jamur juga membutuhkan air untuk tumbuh. Kadar air kayu yang optimal agar tidak ditumbuhi jamur adalah kurang dari 20%, bila kadar air kayu mencapai 35 – 50% maka akan sangat rentan terkena jamur. Oleh karena itu banyak pengerajin dan tukang kayu yang memperhatikan kadar air kayu lebih dahulu sebelum mengolah kayu. Penggunaan alat ukur kadar air kayu atau wood moisture meter akan sangat membantu dalam mengukur kadar air pada kayu.

  • Konsentrasi Hidrogen

Jamur pada umumnya tumbuh sangat baik dan cepat berkembang pada kayu yang memiliki pH yang tidak netral atau kadar pH kayu tidak 7 pH. Kadar pH 4,5 sampai 5,5 merupakan kondisi yang cocok untuk jamur berkembang dan tumbuh.

  • Bahan Makanan

Berbagai kandungan dalam kayu seperti selulosa, lignin dan zat isi sel lainnya merupakan makanan alami untuk jamur. Kandungan tersebut biasanya akan sulit tersimilasi oleh air, namun ada beberapa jenis kayu yang justru mengandung racun bagi jamur. Namun hampir tidak ada jenis kayu yang tahan dari serangan jamur bila kondisi untuk tumbuh jamur terpenuhi. Oleh karena itu yang dapat kita lakukan adalah membuat kondisi yang tidak disukai untuk jamur tumbuh.