Manfaat Gelombang Ultrasonik

Manfaat Gelombang Ultrasonik Dalam Bidang Industri – Gelombang ultrasonik merupakan salah satu jenis gelombang suara, namun gelombang tersebut tidak dapat kita dengar karena keterbatasan indera pendengaran kita. Namun spesies hewan seperti kelelawar dan lumba – lumba dapat mendengarnya.

Bagi kelelawar yang memang tidak bisa melihat, gelombang ultrasonik yang dikeluarkannya membantu dalam melihat benda – benda di sekitarnya dan juga mengetahui keberadaan mangsanya. Bagi kita sendiri gelombang ultrasonik mempunyai banyak manfaat dalam kehidupan kita sehari – hari, kalangan industri adalah kalangan yang banyak memanfaatkannya. Lantas apa saja pemanfaatan gelombang ultrasonik dalam industri :

  1. Kaca Mata Tuna Netra

Kaca mata tuna netra yang dilengkapi gelombang ultrasonik dapat membuat orang buta yang memakainya memperkirakan jarak benda yang ada di sekitarnya. Gelombang ultrasonik yang dipancarkan frame kaca mata dan mengenai sebuah objek maka gelombang tersebut kemudian akan dipantulkan kembali ke penerima yang ada di kaca mata tersebut yang kemudian gelombang pada frame kaca mata akan mengirimkan sinyal getaran pada telinga tuna netra.

  1. Mengukur kedalaman Laut

Dengan menggunakan teknik pantulan pulsa ultrasonik kita dapat mengetahui kedalaman laut hingga dimana rombongan atau kawanan ikan. Pulsa Ultrasonik ini dipancarkan oleh sistem yang disebut fathometer dan ketika pulsa mengenai dasar laut atau gerombolan ikan maka pulsa tersebut juga akan dipantulkan kembali ke penerima. Dengan menggunakan persamaan gerak lurus beraturan dan menghitung kecepatan sinyal tersebut kembali maka kedalaman laut dan rombongan ikan dapat diketahui.

  1. Pendeteksian pada logam

Scanning ultrasonik juga biasa digunakan untuk mengetahui adanya retakan pada logam bodi pesawat maupun rel kereta api. Seperti yang kita ketahui bahwa kesalahan kecil seperti retakan kecil pada bodi pesawat akan memberikan efek buruk bagi penerbangan pesawat. Selain itu gelombang ultrasonik juga dimanfaatkan untuk mendeteksi ketebalan logam seperti yang diterapkan pada thickness meter / alat ukur ketebalan logam.

  1. Membersihkan benda dengan Ultrasonik

Gelombang ultrasonik juga banyak digunakan untuk membersihkan benda seperti jam tangan, perhiasan hingga piring dll. Ultrasonic cleaner adalah alat yang memanfaatkan gelombang ultrasonik untuk membersihkan benda atau barang. Tentu membersihkan benda seperti jam tangan akan sulit dibersihkan hingga ke sela – sela terkecilnya, namun dengan bantuan gelombang ultrasonik ultrasonik maka dapat dibersihkan hingga ke sela – selanya.