Media Tanam Selain Tanah

Media Tanam Selain Tanah – Media tanam merupakan faktor penting dalam pertanian maupun perkebunan, selain itu ketersediaan unsur hara dalam media tanam juga hal penting untuk memacu pertumbuhan dan perkembangbiakan tanaman itu sendiri. Oleh karena itu penting untuk memilih media tanam yang memenuhi syarat tumbuh tanaman.

Media Tanam Selain Tanah

Media tanam yang paling banyak digunakan dalam pertanian maupun perkebunan adalah tanah. Oleh karena itu penting pula untuk memastikan tanah yang digunakan mengandung unsur yang cukup untuk pertumbuhan tanaman. Dengan adanya alat seperti soil pH meter akan memudahkan Anda dalam menguji kesuburan tanah.

Tanah umum digunakan sebagai media tanam karena memang ketersediaannya yang melimpah. Namun apakah ada media lain yang dapat digunakan untuk bercocok tanam?

Tentu ada media tanam lainnya selain tanah, namun hal ini harus disesuaikan dengan jenis tanaman, suhu dan kelembaban udara, curah hujan, hingga pada manipulasi pemanfaatannya untuk memenuhi kebutuhan tanaman yang harus diperhatikan dengan seksama.

Penggunaan media tanam selain tanah tidak dapat berdiri – sendiri, akan tetapi membutuhkan campuran dengan unsur lain atau juga untuk meningkatkan unsur hara dan kualitas tanah. Berikut adalah beberapa jenis media tanam selain tanah yang dapat Anda gunakan :

  1. Sabut kelapa

Media sabut kelapa dipilih karena dapat mengikat air sehingga dapat memanipulasi kebutuhan air bagi tanaman, media ini cocok digunakan pada daerah dengan curah hujan rendah. Sabut kelapa banyak digunakan untuk membuat lapisan dalam tanah, di bawah permukaan tanah yang dimanfaatkan pada lahan daerah tropis guna menjaga kandungan air di dalam tanah.

Media serabut juga banyak digunakan pada lapangan bola atau lapangan golf untuk menjaga pertumbuhan rumput. Dengan kemampuannya dapat menyerap air maka dapat menjaga lapangan agar tidak becek selama hujan dan tidak terlalu kering saat musim kemarau.

  1. Batang pakis

Batang pakis juga dapat digunakan sebagai media tanam karena sifatnya yang sama seperti halnya tanah. Batang pakis mempunyai kemampuan mengikat air yang baik, bertekstur lunak, serta mudah ditembus oleh akar tanaman. Hal ini menjadikan batang pakis memiliki kelebihan lain yang tidak dimiliki oleh batang tanaman lain. Umumnya batang pakis yang digunakan sebagai media tanam adalah yang berwarna hitam yang menandakan bahwa batang pakis tersebut adalah batang yang tua.

  1. Sekam padi

Sekam padi merupakan hasil penggilingan padi yang menghasilkan beras dan kulitnya, kulit inilah yang digunakan sebagai media tanam. Namun sebelum digunakan sebagai media tanam, sekam padi ini harus dibakar lebih dahulu untuk meningkatkan kadar karbonnya. Sekam padi yang telah dibakar juga dapat menggemburkan tanah, selain itu sekam padi juga dapat digunakan untuk meningkatkan unsur hara dalam tanah, daya serap atau daya ikat tanah terhadap air sehingga dapat menjaga kadar air dalam tanah.