Mengapa Perak Bisa Menghitam

Mengapa Perak Bisa Menghitam – Perak merupakan sebuah jenis logam yang banyak dimanfaatkan sebagai perhiasan, uang, barang – barang rumah tangga, bahkan alat perang dan lain sebagainya.

Walaupun tidak setenar emas sebagai logam mulia yang banyak dipakai sebagai perhiasan, namun penggemar perak juga tidaklah sedikit. Bagi Anda yang bosan dengan perhiasan emas maka perak dapat menjadi alternatif perhiasan yang Anda gunakan.

Dalam menambang perak juga tentu berbeda dengan emas, menambang perak tidaklah sesulit emas karena perak banyak terdapat di lapisan kerak bumi kita. Bahkan tidak jarang perak ditemukan dalam bentuk padatan atau bongkahan.

Di Norwegia pernah ditemukan Bahkan bongkahan perak padat dengan berat tiga per empat ton pernah ditemukan di Norwegia. Namun perak juga ada yang ditemukan dalam bentuk bijian yang harus dipisahkan.

Perak dalam bentuk bijian biasanya akan menyatu dengan belerang dan biasa disebut dengan perak sulfida dan terbagi menjadi beberapa bagian yaitu sulfida tembaga, timah hitam atau arsenik.

Baik perak maupun emas sendiri merupakan unsur logam yang tidak terlalu keras karena hanya memiliki nilai kekerasan sekitar 2,5 – 3 mohs berdasarkan pengukuran menggunakan hardness tester. Hal ini tentu sangat kalah dibandingkan dengan berlian yang mempunyai nilai 10.

Bila Anda mempunyai perhiasan perak tentu Anda sering mengalami perhiasan perak akan menghitam. Logam perak memang tergolong mudah berubah warna dengan menghitam, lantas mengapa perak bisa menghitam? berikut adalah beberapa penyebabnya :

Pertama, Karena perak merupakan logam yang rapuh maka perak akan cepat timbul noda, bercak atau goresan. Dalam bentuk murninya, perak merupakan logam lunak dengan lapisan yang mengkilap yang akan memudar saat bersentuhan dengan senyawa sulfur.

Oleh karena itu bila Anda mempunyai perhiasan perak maka sebisa mungkin hindarkan dari bahan – bahan yang mengandung sulfur seperti halnya telur, bawang putih, daging merah, makanan laut dan asparagus. Perak juga sebaiknya jangan sering bersentuhan atau bergesekan dengan logam lain yang lebih keras darinya karena hal tersebut akan membuat goresan pada perak.

Kedua, Faktor lain yang dapat membuat perak cepat menghitam adalah terlalu banyak patrian atau sambungan pada perhiasan perak. Terlalu banyak menyambung perak dengan bahan lain dapat menyebabkan perak menghitam dengan lebih cepat. Terkadang model perhiasan perak juga mempengaruhi banyaknya patrian pada perak, perbandingan jumlah perak dan patrian yang baik adalah sekitar 1 : 0,3.

Ketiga, perak mudah menghitam juga karena bersentuhan dengan senyawa kimia H2O2 atau hidrogen peroksida yang memiliki sifat oksidator kuat, tidak berwarna dan memiliki bau agak keasaman serta larut dengan sangat baik dalam air.

Hidrogen peroksida merupakan bahan yang banyak digunakan sebagai pemutih pakaian, menghilangkan jamur pada kulit bahkan juga terdapat dalam tubuh manusia. Dalam tubuh kita senyawa ini berperan dalam melawan infeksi, namun jika terkena kulit dalam jumlah besar juga dapat menyebabkan iritasi.

Keempat, faktor lainnya yang dapat menyebabkan perak menghitam adalah karena terkena keringat kita sendiri. Keringat yang dihasilkan tubuh akan bertemu dengan bakteri di permukaan kulit dan menguraikan kandungan lemak dan protein yang menghasilkan senyawa asam yang dapat menyebabkan perhiasan perak yang Anda pakai cepat menghitam.