Penyebab Mesin Mobil Bergetar

Penyebab Mesin Mobil Bergetar – Mesin mobil yang bergetar merupakan hal yang wajar ketika mobil menyala, namun bila getaran tersebut terasa hingga ke bagian kabin maka ini akan menjadi masalah dan mengganggu kenyamanan selama berkendara.

Getaran ini biasanya akan menimbulkan suara bising yang mengganggu pendengaran kita dan dapat membuat kita pusing. Hal ini umum terjadi pada mobil yang berumur 10 tahun ke atas dan memiliki putaran mesin yang rendah, mungkin juga mobil Anda sedang mengalami hal tersebut.

Getaran mesin mobil yang sudah tidak wajar dan dirasakan hingga bagian kabin biasanya disebabkan karena beberapa hal, berikut adalah beberapa penyebab mesin mobil bergetar :

  1. Settingan mesin tidak tepat : Masalah settingan mesin tentu akan sangat berpengaruh terhadap kinerja mobil, oleh karena itu settinglah mesin mobil mulai dari timing pengapian, stasioner dan katup harus dilakukan dengan tepat dan akurat. Bila settingan tidak akurat maka dapat menyebabkan putaran mesin berjalan dengan tidak stabil yang ditandai dengan naik turunnya jarum RPM dan hal ini tentu akan menyebabkan mesin mesin bergetar lebih keras dari biasanya.
  2. Busi rusak dan suplai bensin tidak lancar : Bagian pengapian yang tidak sempurna atau pincang dan suplai bensin yang tidak lancar disebabkan karena busi yang rusak juga dapat menyebabkan mesin tersendat sendat. Kedua hal ini tentu pada akhirnya akan menyebabkan mesin mobil menjadi bergetar melebihi batas kewajarannya.
  3. Kampas kopling dan silinder mesin mulai aus : Penyaluran tenaga mesin menjadi tidak maksimal karena kampas kopling mobil sudah mulai aus sehingga terjadi kopling selip. Hal ini akan menyebabkan girbox menjadi bergetar lebih besar dan getaran ini dapat dirasakan hingga ke bagian kabin. Selain itu bagian silinder atau piston yang mulai aus juga dapat membuat mesin tidak bertenaga dan bergetar karena bagian piston yang sudah mulai goyang.
  4. Mounting mesin dan bantalannya bermasalah : Faktor ini merupakan faktor yang paling berpengaruh dari terjadinya getaran pada bagian kabin mobil karena seharusnya bagian ini berguna untuk meredam getaran mesin agar tidak masuk ke kabin sangat besar. Bagian baut mounting mesin ke sasis yang sudah mulai kendur atau bantalannya yang terbuat dari karet sudah pecah ataupun getas juga akan menyebabkan getaran mesin terasa hingga ke kabin. Hal ini karena guncangan dari mesin yang menyala tidak terkontrol atau teredam dengan baik.

Untuk mengatasi mesin mobil yang bergetar maka sebaiknya Anda memeriksa bagian – bagian tersebut. Pada bengkel yang sudah profesional biasanya getaran mesin mobil akan dicek lebih dahulu. Pengecekan ini dilakukan dengan mengukur getaran mesin menggunakan vibration meter, apabila getaran sudah melebihi batas kewajaran maka akan dilakukan pengecekan pada bagian yang sudah disebutkan tadi.

Tune Up mesin mobil secara teratur juga menjadi cara terbaik untuk menghindari terjadinya getaran mesin yang berlebih yang diakibatkan kerusakan komponen mesin, dan bila didapati ada komponen yang sudah rusak maka sebaiknya untuk segera dilakukan penggantian. Selain itu Anda juga dapat menambahkan peredam tambahan yang terbuat dari bahan aspalt untuk meredam getaran mesin mobil yang dihasilkan.