Penyebab Terjadinya Pelapukan Kayu

Penyebab Terjadinya Pelapukan Kayu – Kayu merupakan hasil alam yang berasal dari pohon dan dalam kehidupan kita sehari – hari banyak perabotan yang dibuat menggunakan kayu. Selain itu kayu juga berguna sebagai pondasi bangunan atau untuk membuat furniture rumah, kayu juga digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan kertas.

Penyebab Terjadinya Pelapukan Kayu

Dalam pengolahannya, salah satu masalah utama yang dihadapi kayu adalah masalah pelapukannya. Namun sebenarnya masalah pelapukan juga dialami oleh semua benda bahkan batu dan logam. Akan tetapi kesalahan dalam pengolahannya membuat kayu lebih cepat lapuk.

Faktor utama yang menyebabkan pelapukan pada kayu sendiri adalah sebagai berikut :

  • Faktor makhluk hidup atau yang sering juga disebut dengan faktor biologi atau faktor organik
  • Faktor alam disebut juga dengan faktor fisika atau faktor mekanik

Biasanya pelapukan pada kayu lebih dialami karena adanya binatang yaitu rayap yang menggerogoti kayu. Pada awalnya rayap akan membuat lubang kecil pada kayu, kemudian lubang ini akan membuat keropos pada kayu karena tidak kuatnya kayu dalam menahan beban karena bagian dalamnya sudah berongga. Adanya rayap di dalam kayu juga akan membuat kayu menghasilkan bubuk – bubuk kecil yang akan mengotori tempat sekitarnya.

Selain rayap, hewan apa sajakah yang dapat membuat kayu menjadi keropos, berikut adalah beberapa hewan tersebut :

  • Serangga berupa kumbang

Ada dua jenis kumbang yang dapat membuat kayu menjadi keropos, yang pertama adalah kumbang pengebor, kumbang ini biasanya mengebor kayu menggunakan moncongnya. Kemudian kumbang jenis kedua adalah kumbang bubuk dimana kumbang ini sering mengeluarkan butiran halus yang keluar dari lubang dalam kayu.

Kayu yang masih muda dan memang belum waktunya untuk dipanen biasanya menjadi sasaran kedua jenis kumbang ini. Untuk mengatasi kedua kumbang tersebut Anda dapat menggunakan racun khusus yang dapat Anda beli di toko, kemudian Anda dapat menyemprotkannya maupun mengoleskannya pada kayu menggunakan kuas.

  • Rayap

Tahukah Anda, rayap merupakan hewan kecil yang sering menyebabkan kayu keropos dan membuat bubuk kayu dengan menggerogoti bagian dalamnya. Ternyata rayap merupakan hewan yang dapat bekerja selama 24 jam non stop dan menjadi hewan yang paling banyak dalam merusak kayu. Berbeda dengan kumbang tadi, rayap tidak pandang bulu dalam menyerang kayu entah itu kayu yang masih muda atau memang kayu yang sudah tua dan layak dipanen.

Biasanya para pengerajin kayu dalam menghindarkan kayunya dari kedua jenis hewan perusak tersebut akan menggunakan campuran oli dengan solar untuk dioleskan pada kayunya. Biasnaya campuran oli dan solar bekas tersebut menggunakan perbandingan 1 : 1 kemudian dioleskan pada kayu secara merata. Cara ini sebaiknya dilakukan ketika kayu masih basah dan belum mengalami pengeringan.

Setelah hampir kering, oleskan kembali campuran tersebut pada kayu untuk hasil yang maksimal. Setelah itu kayu akan dikeringkan kembali hingga mencapai nilai kadar air mencapai 12 – 15%, untuk memastikannya Anda dapat mengukurnya menggunakan wood moisture meter atau alat pengukur kadar air kayu.